Close Encounter

Natal seringkali diidentikkan dengan perayaan besar-besaran, pesta pora, dan kemewahan.

Situasi pandemi ini justru membawa sebuah keidealan bagi Natal, di mana Natal dapat menjadi sebuah moment penantian dunia yang sedang mengerang. Moment di mana sang Allah hadir dan memeluk manusia dan kemanusiaannya.

201129 - Wahyu Pramudya - The Pathway of Brokenness

#Alive

Hidup tentu saja lebih dari sekadar detik demi detik yang berlalu. Hidup tentu saja lebih dari sekadar menjalani rutinitas kita pagi, siang, malam, pagi kembali. Di tengah banyak kegalauan, ini adalah waktu yang baik untuk menerima undangan dari Tuhan untuk memikirkan ulang makna hidup di tengah dunia yang sedang mengalami chaos.

Seri khotbah ini akan menolong setiap jemaat untuk belajar “mengemudi” di tengah dunia yang sedang berubah—dan tidak sekadar membiarkan hidup goes with the flow.

It’s about time we learn to navigate life in the changing world with Jesus!

201101 - Willyem OW - #lifetoday

201108 - Willyem OW - #socialmedialife

201115 - Yakub Tri Handoko - #lifemeaning

201122 - Devina Benlin Oswan - #otherlife

Not of This World

Pada bulan Oktober yang dikenal sebagai bulan reformasi gereja, Cornerstone rindu mengajak jemaat meninjau kembali beberapa hal yang menjadi dasar kehidupan umat pilihan Allah. Dalam pelayanannya, Cornerstone merumuskan proses pertumbuhan dalam tiga tahap—Connect, Grow, Serve. Bulan ini seluruh jemaat akan diajak merefresh kembali mengenai pemahaman akan gereja, pemuridan, misi, dan sakramen dalam terang Injil.

We are not of this world—but called to bless the world with the truth of the Gospel (John 17:14-16)

201004 - Willyem OW - Ekklesia

201011 - Willyem OW - Sacramentum

201018 - Andrew Liu - Mathetes

201025 - Michael Chrisdion - Redefining Mission

Imperfect

A message series on grace for imperfect people

Problem dari pendekatan gereja tradisional (reformed/injili) adalah bahwa gereja terus berbicara tentang kehidupan ideal seorang murid Tuhan yang kudus, jauh dari dosa, dan bertumbuh seperti garis lurus 45° menuju kesempurnaan. Padahal adalah mustahil untuk hidup sempurna di tengah dunia yang notabene tidak sempurna.

Seri khotbah ini akan menolong leaders untuk dapat memahami bahwa anugerah adalah memang untuk orang berdosa yang tidak sempurna. Dengan demikian, setiap murid Kristus dapat menikmati perjalanan pertumbuhan rohaninya bukan di-drive oleh rasa bersalah, tetapi oleh ucapan syukur dan kelegaan dalam menikmati anugerah tanpa syarat yang mengubahkan kehidupan. Pemuridan bukanlah soal sebuah to-do lists untuk di-ticked untuk menggapai standar Tuhan, tetapi justru berbicara tentang menikmati keindahan anugerah dalam proses pengudusan kita di tengah dunia yang tidak kudus.

Everything about us is a mess. But, it’s okay to not be okay. If we’re perfect, we don’t need God.

Following Christ is not about what we do but about who we are.

200816 - Willyem OW - It's OK not to be OK

200823 - Agus Gunawan - Not a Loser

200830 - Willyem OW - Messy Community

200906 - Devina Benlin - Are You Stuck?

200920 - Willyem OW - Something to Kill

200927 - Willyem OW - Grace is Enough

Money Money Money

Financial Freedom

Uang bukanlah segalanya, tetapi segala sesuatu membutuhkan uang. Tidak dapat dipungkiri uang adalah bagian penting dalam hidup kita. Begitu pentingnya sampai Alkitab begitu sering menyebutkan tentang uang dan harta.

Melalui seri khotbah kali ini, jemaat diajak untuk kembali menuhankan Tuhan dan menghambakan uang (Matius 6:24)

 

David's Playlist

A Series on the Psalms

Kitab Mazmur seringkali dipandang sebagai kitab puisi yang membosankan untuk dibaca. Padahal Mazmur adalah sebuah kitab yang begitu indah, kaya dan bahkan dapat dikatakan sebagai ringkasan keseluruhan Alkitab.

Seri ini mengajak jemaat melihat beberapa Mazmur Daud sebagai perwakilan dari jenis-jenis umum Mazmur. Jemaat diajak melihat keindahan Mazmur, pertama-tama bahwa Mazmur adalah sebuah buku doa yang mengungkapkan berbagai emosi dan perasaan manusia kepada Tuhan. Dan Dia adalah Allah yang selalu mendengar dan menjawab segala pergumulan kita.

Namun lebih jauh lagi melihat bagaimana Mazmur sebetulnya menyingkapkan kepada pembaca pribadi Allah dan Injil Yesus Kristus.

 

Burn!

Sebelum Kristus naik ke surga, Ia telah menyelesaikan semua yang Ia perlu kerjakan. Hal terakhir yang Ia lakukan adalah mempercayakan kepada semua muridNya untuk melanjutkan karya Tuhan di tengah dunia untuk menjadikan semua bangsa murid Tuhan. Tuhan mempercayakan kepada kita hari ini sebuah tujuan (purpose), kemampuan (power) dan penyertaan Roh Kudus untuk menggapai tujuan surga yang dimateraikan dalam kehidupan setiap orang percaya.

Orang percaya menemukan hidup yang sungguh hidup (lively, passionate life) jika kita hidup pada tujuan Tuhan. Tanpa sukacita mengerjakan tujuan Tuhan, tidak seorang pun dapat menemukan kegairahan dan kekuatan dalam menjalani hari kita.

God wants us to live life passionately for the Gospel!

#ALONETOGETHER

COVID-19 memaksa jutaan orang terkunci di dalam rumah. Tidak sedikit orang menjadi stress, merasa hidup kosong tak berguna, kesepian, dll. Sebagai umat Allah, bagaimanakah kita memanfaatkan waktu lebih yang telah Tuhan percayakan kepada kita?

Seri khotbah ini mengajak jemaat mempelajari beberapa disiplin rohani yang dapat kita kerjakan selama masa isolasi ini. Jemaat diajak melihat bahwa isolasi ini adalah masa perhentian yang Tuhan berikan agar kita justru dapat bertumbuh lebih baik lagi.

EUANGELION

What is the Gospel?

Memasuki masa Pra-Paskah ini, jemaat diajak untuk kembali memahami arti Injil Keselamatan Yesus Kristus. Jemaat juga diingatkan akan konsep keselamatan yang benar, yaitu In Christ, By Grace, Through Faith. Selain itu juga jemaat diajak melihat beberapa konsep Injil yang salah.

Special Sunday Service

Di tengah dunia yang mencekam ini, bagaimana seharusnya kita hidup?

Ambushed

Yunus adalah nabi yang hilang, seorang nabi yang telah dengan sangat jelas mendapatkan misi dari Allah, namun dengan tegas menolak penugasan tersebut. Namun kita sekali lagi diingatkan akan kedaulatan Allah yang seakan terus menyergap Yunus di sepanjang jalan.

Bulan ini kita kembali diingatkan bahwa Tuhan memiliki misi bagi setiap kita yang telah dihidupkan oleh Injil, hidup dalam Injil, dan hidup untuk Injil, yaitu agar kita memberikan apa yang bisa kita berikan, mempersembahkan hidup kita, dan mengabarkan Injil Yesus Kristus.

 

Relate

 Dalam penciptaan, Allah menyatakan bahwa segala sesuatu diciptakan dengan baik. Hal pertama dalam sejarah yang tidak baik adalah kenyataan bahwa Adam hanya seorang diri saja, maka Allah menciptakan seorang penolong yang sepadan untuk Adam. Allah merancang manusia untuk berelasi. Pada mulanya Adam dan Hawa berbahagia karena mereka memiliki relasi yang sempurna dengan Allah, sesama, dan alam.

Dosa menghancurkan kesempurnaan tersebut. Berbagai masalah dalam hubungan manusia pun timbul sebagai akibatnya.

Rise Above

Sesuai visi Cornerstone 2020 yang fokus pada spirit raising leaders, seri khotbah di awal tahun ini akan menolong seluruh jemaat Cornerstone untuk (sekali lagi) mengembangkan kepemimpinan di dalam diri setiap kita, dan untuk melahirkan pemimpin-pemimpin baru demi mengembangkan team yang lebih besar untuk mendukung visi yang lebih besar yang Tuhan percayakan di tahun-tahun mendatang.

We are called to rise and team up, so we can lead more to Jesus!

Never Be The Same

What did Jesus' birth do?
Prophecies were fulfilled, a New Covenant arised, history was split. Lives were changed.
Christmas changes everything. After Jesus was born everything would never be the same.

Revelare

Di bulan Reformasi kali ini kita akan membicarakan Alkitab yang menjadi landasan para reformator dalam memulai kebaharuan gereja. Tak bisa kita sangkali bahwa Alkitab adalah buku yang paling banyak dibedah, paling banyak dikritisi, paling banyak disalah mengertikan, paling banyak disalah gunakan.

Seri khotbah ini akan menolong kita bukan hanya memahami pentingnya Alkitab sebagai fondasi dasar iman Kristen, tetapi terutama untuk belajar menikmati firman dalam hidup keseharian. This series is not for "head", but heart. The bible is not to entertain curious mind, but to primarily to fix our brokenness.

SHATTERED

Broken families of the bible. Tidak ada keluarga yang sempurna. Faktanya, Alkitab menceritakan banyak sisi gelap dan sejarah
kelam keluarga tokoh-tokoh terkenal dalam sejarah. Seri khotbah ini menolong jemaat melihat bahwa bahkan dalam catatan
tergelap sebuah keluarga sekalipun, Tuhan bekerja sepanjang sejarah untuk sebuah agenda besar bagi keselamatan dunia.
Maka, apapun situasi keluarga kita tidak menjadi alasan untuk menjadi diri kita yang terbaik untuk tujuan Tuhan.

Radical

Seri khotbah ini akan menolong kita menemukan Kristus yang radikal—dan memahami bagaimana kita tidak mungkin menjadi game changer tanpa menjadi radikal dalam segala aspek kehidupan kita. Mengapa penting bagi orang percaya menjadi radikal? Sebab, kehidupan yang “normal” tidak akan mampu mengubah apapun.

Strong as Death

"For love is as strong as death" – Songs 8:6

Allah adalah kasih. Kita sering sekali mendengar kata‐kata tersebut. Namun pernahkah kita benar‐benar memahami maksud rasul Yohanes ketika ia menuliskan kata‐kata tersebut?

Melalui eksposisi dari bagian‐bagian I Yohanes ini, jemaat diajak memahami Allah dan Kasih, jemaat diajak untuk memiliki kasih yang sejati dan belajar mewujudkan kasih tersebut dengan mengasihi sesama kita.

Charge!

Gerakan yang berdampak dilandasi misi yang menginspirasi, memperlengkapi dan memobilisasi orang percaya untuk bertumbuh dalam kebergantungan pada Roh Kudus dan kuasa-Nya, relasi pribadi dengan Kristus serta menjadi berkat di masyarakat.

The Snapshots

Dalam hidup-Nya, Yesus menggenapi seluruh hukum Taurat dengan sempurna. Karena itulah Ia dikenal sebagai Anak Domba Allah yang sempurna, yang tak bercacat dan dapat menanggung dosa seluruh manusia. Memasuki masa Lent dan Paskah ini, Cornerstone Ministry akan bersama-sama belajar melihat beberapa point sejarah dalam kehidupan Tuhan Yesus di dunia sampai pada momen kemenangan terbesar-Nya, yaitu kebangkitan. Jemaat juga akan diajak untuk bersama-sama melihat janji akan kedatangan Kristus yang kedua kalinya.

Immersed

Melalui seri khotbah ini, kita diajak memikirkan ulang konsep bekerja dan belajar menghidupi bahwa di manapun kita berada, apapun yang kita lakukan, semuanya adalah bagian dari bisnis Kerajaan Allah. Kita akan belajar untuk menyelami iman di tengah jaman dan dalam apapun yang kita lakukan.

Unseen Sins

Kebanyakan kita mungkin tidak akan pernah melakukan dosa-dosa yang tergolong mengerikan seperti membunuh orang. Di sisi lain, kita memang sadar bahwa kita adalah manusia berdosa yang suka berbohong, malas, dll. Seri khotbah ini mengajak kita melihat beberapa dosa yang sering tidak kita sadari kita lakukan atau kita miliki dalam hidup kita. Dosa-dosa yang mungkin tidak terlihat oleh orang lain.

CORE

Seri khotbah ini mengajak kita untuk mengenal lebih dalam core values yang dihidupi oleh Cornerstone Ministry. kita diajak untuk menanamkan nilai-nilai ini di dalam hati kitaa serta membawanya bukan hanya ketika mereka berada di Cornerstone, melainkan lebih jauh lagi ke dunia tempat kita berada.

Marks of a Disciple

Sebagai seseorang yang telah menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, kita diberi beberapa gelar, misalnya: anak dan sahabat. Namun ada satu gelar yang seringkali kita abaikan, karena gelar tersebut menuntut pengorbanan yang tidak sedikit, yaitu gelar murid.Seri khotbah ini adalah eksposisi dari surat I Yohanes, dengan sebuah penekanan untuk mengajak kita melihat beberapa karakteristik / ciri murid Kristus.